HISTORICAL THE RISE OF MAJAPAHIT (2)


Pada 1292 sebuah kerajaan bawahan bernama Gelang-Gelang dengan rajanya Sri Jayakatwang, menyerbu Tumapel, ibu kota Singosari pada saat diselenggarakan upacara agama Tantrayana di istana. Satu-satunya panglima perang yang tersisa yaitu Narrarya Sanggrama Wijaya atau Raden Wijaya beserta sisa-sisa prajuritnya tak kuasa menghadapinya.

Saat itu pertahanan ibu kota Singosari memang sedang lemah dikarenakan sejak 1275 sebagian besar kekuatan militernya dikerahkan dalam Ekspedisi Pamalayu di bawah komando Mahisa Anabrang untuk merangkul kerajaan-kerajaan di Sumatera, Semenanjung Melayu, serta menjalin persekutuan dengan kerajaan Campa, disamping untuk memperkuat pengaruh Singosari di Selat Malaka yang merupakan jalur paling menentukan di bidang ekonomi dan politik di Asia bagian selatan pada saat itu.

Istana menjadi lautan api dan Sri Kertanegara tewas. Dyah Gayatri, salah seorang sekar kedaton tertangkap dan ditawan musuh. Sementara Raden Wijaya beserta tiga perwira tinggi kerajaan yaitu Lembu Sora, Nambi, dan Ardaraja di dampingi tujuh orang arya serta kurang lebih enam ratus prajuritnya tak kuasa menghadapi musuh dan ‘lolos dari maut’ kemudian melarikan diri hingga menyeberang ke Madura untuk meminta suaka politik dari Arya Wiraraja, seorang adipati di Sumenep.

Atas sarannya, Raden Wijaya segera kembali ke Jawa berserah diri kepada Sri Jayakatwang yang telah mendirikan kerajaan di Kediri. Menyatakan tunduk dan meminta sebidang tanah di Hutan Tarik untuk bermukim dan sekaligus akan dijadikan sebagai lahan perburuan bagi sang raja.

Permintaan ini disetujui. Dengan bantuan sisa-sisa prajuritnya dan orang-orang Madura yang dikirim Arya Wiraraja, hutan ini dipersiapkan menjadi sebuah pedukuhan dengan nama Desa Tarik. Pada saat sedang bekerja salah seorang pekerja dari Madura yang merasa haus memetik sebutir buah dari pohon maja atau wilwa yang setelah dimakan ternyata rasanya sangat pahit. Sejak itu Desa Tarik diberi nama Desa Majapahit.


Share this article :

Klik Gambar dibawah ini untuk melihat artikel lainnya




 
Created by : Team SW
Copyright ©2016 SETYO WARDOYO
Blogsite Milik : Setyo Wardoyo