HISTORICAL THE RISE OF MAJAPAHIT (1)


Di masa kejayaan Kerajaan Singosari tepatnya saat pemerintahan Prabu Sri Kertanegara, pada 1289 datanglah seorang laksamana dari Kekaisaran Mongolia bernama Meng Khi untuk menyampaikan perintah Kaisar Kubilai Khan agar Singosari - sebuah kerajaan di belahan selatan yang sedang mulai bergerak menyatukan Nusantara - itu mengakui kedaulatan Mongolia dan tunduk di bawah kekuasaannya.

Menurut prasasti Kudadu, nama resmi Kerajaan Singosari adalah Tumapel dengan rajanya yang pertama Ken Arok bergelar Sri Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi. Di dalam Kitab Nagarakretagama, ketika pertama kali didirikan pada 1222 ibu kota Kerajaan Tumapel bernama Kutaraja. Kitab Nagarakretagama juga menyebutkan bahwa daerah-daerah bawahan Singosari di luar Jawa pada masa Kertanagara antara lain adalah Melayu, Bali, Pahang, Gurun, dan Bakulapura.


Tekad Nusantara yang tidak akan pernah tunduk kepada bangsa mana pun di marcapada ini membuat sang prabu tersinggung, marah, dan menolak titah Kaisar Mongolia. Utusan dari seberang itu dipotong daun telinganya kemudian diusir pulang kembali ke negerinya.


Share this article :

Klik Gambar dibawah ini untuk melihat artikel lainnya




 
Created by : Team SW
Copyright ©2016 SETYO WARDOYO
Blogsite Milik : Setyo Wardoyo