KEINDAHAN DIBALIK KELUMPUHAN

Seni dan kreativitas tidak terbatas untuk jiwa dan raga yang sempurna. Hal itu dibuktikan Kadek Windari asal Bali. Perempuan yang akrab disapa Winda itu terlahir normal. Namun, saat ia berusia enam tahun, keanehan terjadi pada dirinya.

Kala itu Winda tidak sengaja tersandung dan jatuh. Seketika tubuh putri pasangan Ketut Punia dan Komang Warsiki itu lumpuh.

“Awalnya dokter bilang tidak ada apa-apa. Cuma terjatuh biasa saja, jadi saya juga tidak begitu memikirkan. Pada akhirnya tidak normal seperti ini,“ ujar Winda.

Dalam keterbatasannya, perempuan kelahiran Gianyar, 12 Desember 1990, itu gemar menggambar. Sejak kecil tangannya terampil menorehkan kuas ke atas kanvas. Meski saat melukis tangan kirinya harus menopang tangan saat memegang kuas, itu tidak menghalanginya menghasilkan lukisan yang indah.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti melukis, Winda dibantu ibunya menyiapkan alat lukis dan cat warna. Melihat hasil lukisan adiknya yang indah, sang kakak Putu Agus Setiawan yang juga penyandang disabilitas ikut membantu. 

Agus membantu dengan mempromosikan dan menjual hasil lukisan adiknya itu di media sosial dan internet. Tak disangka, lukisan Winda banyak peminatnya, baik dalam maupun luar negeri.

Agus secara tidak langsung menjadi seorang pemasar dalam proses menjual lukisan milik adiknya. Dalam seminggu, Winda dapat menyelesaikan satu karya lukisan.

“Dulu tidak ada yang mengenal atau mengetahui karya Winda. Sampai akhirnya saya coba memposting di internet dan media sosial. Sejak itu banyak orang yang memesan dan membeli karya Winda,” ungkap Agus.

Winda pun menjadi tulang punggung keluarganya dengan menjual lukisannya lantaran ibunya yang sudah tidak bisa lagi bekerja karena harus mengurus Winda dan Agus.

Satu lukisan Winda berukuran 50x60 sentimeter (cm) dihargai Rp1,2 juta dan ukuran 60x90 cm bernilai Rp2,2 juta.

Bagi Winda, cacat fisik tidak menghambat dirinya menggapai cita-cita. Justru dengan ketekunan dan kegigihan yang kuat, dirinya yakin bisa menjadi seorang pelukis profesional yang dikenal banyak orang. (Rio/M-5)


Sumber : Media Indonesia
Share this article :

Klik Gambar dibawah ini untuk melihat artikel lainnya




 
Created by : Team SW
Copyright ©2016 SETYO WARDOYO
Blogsite Milik : Setyo Wardoyo