PEMBERDAYAAN ALAM SEKITAR SEKOLAH

Alkhandulillah, Dengan Do'a dan ucapan Basmallah, Bung Alan melakukan pelepasan ayam kampung super 200 ekor sebagai langkah awal budidaya di bidang peternakan unggas yang melibatkan orang tua/wali serta murid Yayasan MIS Darul Ulum Tololai Bima NTB (22/1/2016). 

Budidaya ini adalah bagian dari mata pelajaran pemanfaatan sumber daya alam sekitar. Bung Alan mengharapkan agar murid-muridnya belajar mandiri dan mengembangkannya seiring dengan kemajuan teklogi saat ini. Tidak ada yang yang tak bisa, asalkan kita mau memulai pasti bisa, Tegasnya.

IsyaAllah, jika tidak ada halangan saya akan hadir pada panen perdananya nanti, kangen puru jangan dohoe...(ayam panggang). Rencana naik bus dari Mataram tentu saja Sopirnya Bung Alan, makin seru, bisa cerita panjang lebar dengan Bung Alan, karena ngobrol dengan tokoh pejuang pendidikan dari desa ini tidak akan ada habisnya. Yang pasti... bisa mendapatkan banyak hal-hal sebagai sumber tulisan, maklum kuli tinta he he...! Ada yang mau ikut? Buruan deh daftar..!

Ada hal menarik dan selalu saya ingat ketika Bung Alan tampil sebagai nara sumber pada 100 guru teladan binaan PT. Trakindo Utama periode Maret 2015 lalu. Awalnya, semua tamu yang hadir cuek bangat sama Bung Alan, namun setelah Alan tampil di depan panggung menyampaikan hal-hal berkaitan dengan misinya membangun MIS Darul Ulumya, sontak gemuruh tepuk tangan membahana seisi ruangan.

Saya akui materi yang disampaikan Bung Alan pada saat itu tidak secanggih apa yang disampaikan nara sumber lain yang bertitel Prof. Doktor atau Penulis buku terkenal Negeri Lima Menara Ahmad Fuadi yang begitu fasih dan menguasai materinya, namun penyampaian Bung Alan yang apa adanya dan sedikit grogi malah membuat terkesima semua undangan.

Ada beberapa guru terlihat menyeka air mata karena terharu atas perjuangan Bung Alan bahkan ada seorang guru Pak Rizal yang terang-terangan merasa malu pada Bung Alan. Berapalah penghasilan seorang sopir bus, tapi Dia mampu mendirikan sekolah gratis, luar biasa Bung Alan dan ini sangat memotivasi kami dalam dunia pendidikan, Katanya.

Sesi ahir acara, saya dibuat kelimpungan karena banyaknya permintaan guru-guru untuk foto bareng Bung Alan, tapi saya tetap semangat seiring dengan semangat Bung Alan memenuhi permintaan guru-guru. Tidak ketinggalan pembicara lainpun ikut foto bareng yang tentu saja pamor mereka saat itu kalah dengan Bung Alan. 
Selamat...! Bung Alan layak dapat Bintang...!

Kiprah Bung Alan banyak di tayangkan di berbagai media seperti :




Penulis : Abunawarbima
Share this article :

Klik Gambar dibawah ini untuk melihat artikel lainnya




 
Created by : Team SW
Copyright ©2016 SETYO WARDOYO
Blogsite Milik : Setyo Wardoyo