ISABELLA FAWZI TERTARIK PELAJARI SEJARAH

Penulis sekaligus presenter televisi Isabella Muliawati Fawzi, 28, mengaku senang mempelajari sejarah. Sejarah berbagai bangsa ia pelajari. “Baru-baru ini saya beli buku tentang sejarah Jawa, pada prin-sipnya sejarah apa saja, tapi saya memang tertarik dengan India dan Indonesia karena dua bangsa ini ada benang merahnya,” kata Bella.

Meski demikian, tidak lantas semua buku dibeli. “Saya suka belanja buku, apalagi kalau di toko buku sedang ada diskon dan best seller, tapi saya harus ngerem karena kadang kalau sudah beli, belum selesai dibaca semua. Beli itu harus disertai tanggung jawab untuk membaca,” kata dia.

Selain membaca, ketertarikan pada se-jarah justru dimulai setelah dirinya jatuh cinta pada budaya India melalui fi lm, yang kelak kita sebut dengan Bollywood. Dia bercerita memiliki darah keturunan India dari garis ibu, aktris senior Marissa Grace Haque, 53. “Kami ada keturunan India muslim, tapi saya memang terlahir dan besar dengan adat istiadat Indonesia. Indonesia ini, menurut saya, bagaikan miniatur berbagai bangsa,” kata dia.

Dengan belajar sejarah, dia me-nyimpulkan, meski Tuhan men-ciptakan semua berbeda, manusia mesti menghargai keberagaman. “Kita harus menghargai perbe-daan orang lain dengan kita. Kita harus belajar menjadi bijaksana. Itu yang saya dapatkan dari belajar tentang sejarah berbagai bangsa dan budaya.”

Ketertarikannya pada Bollywood telah meng-hasilkan sebuah buku berjudul Me and My Bolly Hobby yang diterbitkan pada 2014. Buku itu kini masih sering ditawarkan kepada calon pembaca melalui akun Instagram-nya. “Karena buku ini masih banyak yang mau, tetapi jumlahnya di pasaran sudah semakin menipis, saya berinisiatif untuk menjual secara pribadi,” jelas kolektor baju dan aksesori India itu.

Buku itu, bagi Bella, diakuinya ter-lalu ringan, tetapi menjadi pe nanda bagi banyak orang agar tidak minder dengan apa yang disukai dan digeluti. “Saya awalnya malu karena menyukai hal-hal berbau Bollywood, tetapi ke-mudian saya tetap menekuni-nya sehingga melahirkan buku itu. Itu sekaligus menyiratkan pesan bahwa apa yang kita sukai juga bisa menghasilkan sesuatu asal kita jalani dengan hati yang sukacita dan ikhlas,” ucapnya.

Dengan sepenuh hati Bella menjalani hobi itu yang kemudian juga membuka kesempatan yang lain, termasuk memperoleh pendapatan. “Saya pernah menjadi penari India di salah satu acara Mata Najwa. Saya mempelajari bahasa, tari, dan menjadi master of ceremony untuk beberapa acara bernapaskan India.”

Dua film

Putri sulung rocker Ikang Fawzi, 56, itu juga memiliki mimpi besar di dunia hiburan. Seusai ia menulis buku, terbitlah harapan agar bukunya difilmkan. “Saya suka membaca karya Dewi Lestari dan Asma Nadia dan mereka sangat hebat karena karya mereka difilmkan. Saya ingin juga seperti mereka. Itu seperti pencapaian,” kata Bella yang masih rajin menulis.

Kakak animator Marsha Chikita Fawzi, 27, itu, selain baru saja merampung-kan syuting dua film Indonesia, saat ini ia disibukkan dengan kegiatan kuliah S-2 di Universitas Indonesia. (H-5)

Sumber : Media Indonesia
Foto: Dok. Setyo Wardoyo
Share this article :

Klik Gambar dibawah ini untuk melihat artikel lainnya




 
Created by : Team SW
Copyright ©2016 SETYO WARDOYO
Blogsite Milik : Setyo Wardoyo